24.2.09

Withdraw - Mengambil Uang Dari PayPal


Ok, saya sudah punya rekening / account di PayPal. Lalu, apakah uang itu benar-benar milik saya? Lalu bagaimana saya bisa "mempergunakan" uang itu? Mungkin itu hanya sebagian kecil pertanyaan saya waktu saya mulai "iseng" dengan koneksi internet saya. Hehehe, maklum.. saya baru "ngeh" dengan online business ini selama 3 bulan terakhir. Sebelum itu, saya tidak pernah terpikirkan untuk 'menghasilkan' uang dari internet. Dulu sekali, saya pernah membuat account di PayPal, dan pernah juga coba-coba ikut PTC, tapi gagal di tengah jalan, karena:

1. Saya tidak percaya dengan sistem pembayaran di PayPal. Saya beranggapan, bahwa uang di paypal tidak akan bisa sampai ke saya / rekening bank lokal saya.

2. PTC rata-rata menghendaki referral, sedangkan dulu saya paling males dengan sistem referral atau downline. Saya pikir akan sulit sekali mencari downline yang mau meluangkan waktu buat klik iklan. Dan dengan berjalannya waktu, ternyata saya salah :) gampang kok cari referral, asal ya... balik lagi ke niat awal. Niat usaha? Ya harus gigih. :) Bukankah begitu bukan?

Nah, balik lagi nih ke bahasan yang utama. Mau di apakan uang yang ada di PayPal? Sebetulnya terserah Anda. Hehehe... :) Fungsi nominal uang yang ada di PayPal itu ada beberapa.

  1. Belanjakan uang yang ada di PayPal untuk online shopping. Ya, itu adalah salah satu cara untuk "mengambil" uang Anda. Anda bisa beli produk-produk yang tersedia di www.amazone.com, misalnya. Atau minat ikut lelang di eBay? Bisa juga (yang penting uang anda cukup untuk bertransaksi).
  2. Mengirim uang ke siapapun dan dimanapun. Salah satu fungsi PayPal adalah mirip sekali dengan Bank yang anda ketahui. Bertransaksi, baik itu mengirimkan uang melalui rekening bank orang lain, ataupun ke rekening antar PayPal.
  3. Ini yang akan saya bahas lebih lanjut. Withdraw - ambil uang Anda dari PayPal, masukkan ke rekening Bank lokal Anda. Emang bisa? Ya bisa lah! :) Masa iya Anda "kerja" gak dapet hasil? Saya sendiri juga ogah :) hehehe...
Caranya? *eng ing eng....* :)

Yang perlu Anda ingat adalah : DAFTARKAN BANK LOKAL ANDA. Caranya sebagai berikut:

Buka account PayPal Anda. (Saya akan contohkan dengan beberapa gambar account milik saya. Demi alasan keamanan, saya menghapuskan data-data pribadi saya).



Kalau Anda memperhatikan, status PayPal saya juga unverified, hal ini disebabkan saya memang belum memiliki Kartu Kredit untuk menjadikan PayPal saya verified. Sedangkan persyaratan untuk withdraw, harus verified, artinya harus memiliki Kartu Kredit.

Setelah account terbuka, ada tab Profiles - Add/Edit Account seperti gambar di bawah ini:



Pada layar monitor Anda akan terdapat formulir untuk mengisi nama Bank lokal Anda.




Silahkan isi formulir tersebut sesuai dengan formatnya. Pada gambar ini, untuk Anda yang awam, akan bingung mengisi Bank Code. Bank Code merupakan kode bank yang dapat diperoleh dari bank yang anda daftar. Kode ini berisi 7 angka kode untuk pelaksanaan transaksi internasional. Kode ini unik, dan perlu diperhatikan bahwa setiap bank baik cabang ataupun pusat memiliki kode bank tersendiri. JANGAN mengisi kode bank tersebut asal-asalan, karena akan menyebabkan error atau uang tidak sampai di rekening anda. Jika Anda tidak tahu berapa kode bank Anda, silahkan download bank code untuk pengguna PayPal di Indonesia.


Setelah Anda mengisi bank code sesuai dengan nama Bank dan cabang di mana rekening Anda terdaftar, maka Anda sudah selesai mendaftarkan Rekening Bank Lokal Anda di account PayPal, sehingga akan terlihat pada monitor anda, seperti di bawah ini:


SELAMAT! Anda telah selesai mendaftarkan rekening Bank Anda!

Cara Withdrawal - mentransfer uang dari PayPal ke Rekening Anda

Klik pada bagian "withdraw" seperti pada gambar di bawah ini.



Setelah anda klik withdraw, anda akan melihat bahwa ada fee/charge/ongkos/biaya yang perlu diperhatikan. Saran saya, supaya Anda mendapatkan bebas biaya dari PayPal, tunggu hingga jumlah nominal Anda setara dengan Rp.1.500.000. Hitung-hitung Anda melakukan investasi / menabung di PayPal.

Tapi, jika Anda "memaksa" ingin melakukan pengambilan / penarikan, klik withdraw funds to your bank account. Tapi Tunggu Dulu!! Anda harus jeli dengan persyaratan jumlah minimum penarikan yang merupakan persyaratan dari PayPal. Jumlah minimum penarikan adalah sebagai berikut:

Jika Anda tetap ingin melanjutkan untuk menarik uang Anda, klik saja withdraw funds to your bank account, hingga terlihat seperti di bawah ini:



Pastikan jumlah nominal yang hendak anda tarik ke rekening bank anda dengan mengisi kotak kosong yang tersedia, lalu klik Continue. Jika anda ingin menggagalkan penarikan tersebut, klik cancel.

Gampang kan?
Kalau masih ada penjelasan saya yang membingungkan, maklum saja lah, saya bukan seorang yang jago IT :) Tapi Anda bebas bertanya kok, silahkan memberikan komen/comment di shoutbox blog ini, saya akan balas secepat mungkin. :)

Bagi Anda yang belum memiliki Rekening Bank Lokal, saran saya sih, buruan bikin deh... Yang saya tahu nih, sekarang Bank Mandiri depositnya hanya Rp.100.000, (Baca: seratus ribu rupiah) saja kok. Dan Bank tersebut sudah terdaftar di PayPal juga :)

Semoga membantu ya! :)

8 comments:

Anonymous said...

Sepertinya ada bagian yang terlompati.
Setahu saya, penarikan rekening paypal ke bank lokal bisa dilakukan jika hanya rekening paypal tersebut telah verified. Dan untuk memverify dilakukan dengan memasukan kartu kredit, dan kemudian akan kena charge $1.95 yang kemudian akan dimasukkan ke rekening paypal kembali.

uprit on April 18, 2009 at 2:10 PM said...

Terimakasih atas koreksinya, akan segera dikoreksi oleh saya. Waktu itu sempat melihat ada ketentuan ini di blog orang lain :) saya hanya mengedit sedikit dari bahasa nya. Saya akan segera meng-edit ini. Thanks.

BrosJamz on January 7, 2010 at 8:39 AM said...

halow, nama ku koq jd terbalik ya, di paypal AA BB CC, nama di Rekening Bank jadi CC AA BB, padahal sama, cara rubahnya gimana? and than aq ga bisa rubah nama akun di paypal nya ya? kenapa?
apa karena belum diverifikasi?
trus kalo belum diverifikasi and minta di tarik ke bank lokal jadinya gimana? akses ditolak atow uangnya jadi hilang?

makasih sebelumnya,

tolong email caranya ke apep@ymail.com

koimanknc on January 6, 2011 at 4:04 AM said...

oya ntar kalo uang hilang apa ga ketawa nangis..

Spectral on August 13, 2011 at 12:21 AM said...

halo.. bagaimana cara utk memasukkan kode bank jika kita bepindah tempat tinggal? sebagai contoh, saya membuka rekening BCA di jambi.. kemudian saya pindah ke jogjakarta, nah disini kode bank lokal yang saya masukkan itu kode BCA jambi atau BCA jogjakarta? terima kasih :)

Unknown on February 22, 2014 at 8:22 PM said...

waktu itu sy coba transfer uang dari paypall account sy tapi sampe sekarang uang gak nyampe dan gak balik juga ke account awal, status 0, gmn cara kalimnya, sepertinya sich hilang

Unknown on May 18, 2015 at 8:36 AM said...

Makasih infonya.. Walaupun saya masih bingung..

Unknown on August 26, 2015 at 12:36 AM said...

Bagaimana cara konfirmasi email??

Post a Comment

Komen di sini deh ...